Minggu, 09 September 2018

Mitos vs Realitas: Apa yang Merasa Seperti Serangan panik?

Kadang-kadang bagian tersulit adalah mencoba merasa dipahami melalui stigma dan kesalahpahaman serangan panik.

Kesehatan dan kebugaran menyentuh kita masing-masing secara berbeda. Ini adalah kisah satu orang.

Pertama kali saya mengalami serangan panik, saya berusia 19 tahun dan berjalan kembali dari ruang makan ke asrama kuliah saya.

Saya tidak dapat menentukan apa yang memulainya, apa yang mendorong serbuan warna ke wajah saya, sesak nafas, serangan rasa takut yang cepat. Tetapi saya mulai terisak-isak, melingkarkan lengan saya di tubuh saya, dan bergegas kembali ke kamar yang baru saya pindahkan - tiga kali lipat dengan dua mahasiswa lainnya.

Tidak ada tempat untuk pergi - tidak ada tempat untuk menyembunyikan rasa malu saya pada emosi yang kuat dan tidak dapat dijelaskan ini - jadi saya meringkuk di tempat tidur dan menghadap ke dinding.

Apa yang terjadi pada saya? Mengapa itu terjadi? Dan bagaimana saya bisa membuatnya berhenti?

Butuh bertahun-tahun terapi, pendidikan, dan pemahaman stigma seputar penyakit mental untuk sepenuhnya memahami apa yang sedang terjadi.

Saya akhirnya mengerti bahwa desakan intens ketakutan dan penderitaan yang saya alami berkali-kali pada saat itu disebut serangan panik.

Ada banyak kesalahpahaman tentang apa yang terlihat dan dirasakan oleh serangan panik. Bagian dari mengurangi stigma di sekitar pengalaman ini adalah mengeksplorasi seperti apa serangan panik dan memisahkan fakta dari fiksi.
Mitos: Semua serangan panik memiliki gejala yang sama

Kenyataan: Serangan panik dapat terasa berbeda untuk semua orang, dan sangat bergantung pada pengalaman pribadi Anda.

Gejala umum termasuk:

    sesak napas
    jantung balap
    merasa kehilangan kontrol atau keamanan
    sakit dada
    mual
    pusing

Ada banyak gejala yang berbeda dan mungkin mengalami beberapa gejala, dan tidak semuanya.

Bagi saya, serangan panik sering dimulai dengan deru panas dan muka memerah, rasa takut yang intens, peningkatan denyut jantung, dan menangis tanpa pemicu yang signifikan.

Untuk waktu yang lama, saya bertanya-tanya apakah saya bisa menyebut apa yang saya alami serangan panik, dan berjuang untuk "mengklaim" hak saya untuk peduli dan peduli, dengan asumsi saya hanya menjadi dramatis.

    Kenyataannya, kepanikan dapat terlihat seperti banyak hal yang berbeda, dan terlepas dari label apa yang Anda pakai, Anda berhak menerima dukungan.

Mitos: Serangan panik adalah reaksi berlebihan dan sengaja dramatis

Kenyataan: Bertentangan dengan keyakinan yang menstigmata, serangan panik bukanlah sesuatu yang dapat dikendalikan oleh orang. Kami tidak tahu persis apa yang menyebabkan serangan panik, tetapi kami tahu bahwa itu sering dipicu oleh peristiwa yang memicu stres, penyakit mental, atau rangsangan yang tidak ditentukan atau perubahan lingkungan.

    Serangan panik tidak nyaman, tidak disengaja, dan sering terjadi tanpa peringatan.

Daripada mencari perhatian, kebanyakan orang yang mengalami serangan panik memiliki banyak stigma dan rasa malu yang terinternalisasi, dan benci melakukan serangan panik di depan umum atau di sekitar orang lain.

Di masa lalu, ketika saya merasa dekat dengan serangan panik, saya akan segera meninggalkan situasi atau pulang sesegera mungkin untuk menghindari rasa malu di depan umum.

Seringkali orang-orang akan mengatakan hal-hal kepada saya seperti "Tidak ada yang membuat Anda kesal!" Atau "Tidak bisakah Anda tenang?" Hal-hal ini biasanya membuat saya lebih kesal dan membuatnya semakin sulit untuk menenangkan diri.

    Hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk seseorang yang memiliki serangan panik hanyalah menanyakan langsung kepada mereka apa yang mereka butuhkan dan bagaimana Anda dapat mendukung mereka.

Jika Anda mengenal seorang teman atau orang yang dicintai yang sering mengalami serangan panik, tanyakan pada mereka dalam momen tenang apa yang mereka sukai dari Anda atau orang-orang di sekitar mereka jika ada yang terjadi.

Seringkali, orang memiliki serangan panik atau rencana krisis yang dapat mereka bagikan yang menjelaskan apa yang membantu mereka untuk tenang dan kembali ke garis dasar.
Mitos: Orang yang mengalami serangan panik membutuhkan bantuan atau perhatian medis

Kenyataan: Bisa menakutkan untuk mengamati seseorang yang mengalami serangan panik. Tetapi penting untuk diingat bahwa mereka tidak berada dalam bahaya langsung. Hal terbaik yang bisa Anda lakukan adalah tetap tenang.

Meskipun penting untuk dapat membantu seseorang membedakan antara serangan panik dan serangan jantung, biasanya orang yang memiliki serangan panik sering dapat membedakannya.

Jika Anda berada di sekitar seseorang yang mengalami serangan panik dan telah bertanya kepada mereka apakah mereka membutuhkan dukungan, hal terbaik yang harus dilakukan adalah menghormati apa pun jawaban mereka, dan percaya mereka jika mereka menyatakan bahwa mereka dapat mengurusnya sendiri.

Banyak orang menjadi mahir mengembangkan keterampilan dan trik untuk menghentikan serangan panik dan memiliki rencana aksi default ketika situasi seperti itu terjadi.

Saya tahu persis apa yang harus dilakukan untuk menjaga diri dalam situasi seperti itu, dan sering kali hanya butuh sedikit waktu untuk melakukan hal-hal yang saya tahu akan membantu saya - tanpa mengkhawatirkan penilaian dari orang-orang di sekitar saya.

    Jika Anda pernah meminta seseorang untuk panik jika mereka butuh bantuan, hal terbaik yang harus dilakukan adalah menghormati jawaban mereka - bahkan jika mereka mengatakan bahwa mereka dapat mengatasinya sendiri.

Mitos: Hanya orang yang didiagnosis dengan penyakit mental yang mengalami serangan panik

Kenyataan: Siapa pun dapat mengalami serangan panik, bahkan tanpa diagnosis penyakit mental.

Yang mengatakan, beberapa orang lebih berisiko mengalami beberapa serangan panik sepanjang hidup mereka, termasuk orang-orang dengan riwayat keluarga serangan panik atau riwayat pelecehan anak atau trauma. Seseorang juga memiliki risiko yang lebih tinggi jika mereka memiliki diagnosa:

    gangguan panik
    gangguan kecemasan umum (GAD)
    gangguan stres pasca-trauma (PTSD)

Orang-orang yang tidak memenuhi kriteria tersebut masih berisiko - terutama jika mereka mengalami peristiwa traumatis, berada dalam lingkungan kerja atau sekolah yang penuh stres, atau belum cukup tidur, makanan, atau air.

Untuk alasan ini, merupakan ide yang bagus bagi semua orang untuk memiliki gagasan umum tentang seperti apa rasanya serangan panik dan hal terbaik yang dapat mereka lakukan untuk kembali ke perasaan tenang.

Memahami serangan panik dan belajar cara terbaik untuk mendukung diri sendiri dan orang lain berjalan jauh dalam mengurangi stigma seputar penyakit mental. Ini dapat mengurangi salah satu bagian tersulit dari serangan panik - menjelaskan apa yang terjadi, atau apa yang terjadi, kepada orang-orang di sekitar Anda.

Stigma penyakit mental seringkali merupakan bagian tersulit untuk dihadapi dalam situasi ketika seseorang sudah mengalami masa sulit.

Untuk alasan ini, belajar memisahkan mitos dari realitas dapat membuat semua perbedaan, baik untuk orang-orang yang mengalami serangan panik, dan bagi mereka yang ingin memahami cara mendukung orang yang mereka cintai.

Saya selalu terkesan dengan cara teman-teman saya yang telah mengetahui tentang kecemasan dan serangan panik menanggapi ketika saya mengalami masa-masa sulit.

Dukungan yang saya terima sangat luar biasa. Dari duduk diam dengan saya sementara saya kesal membantu saya mengadvokasi kebutuhan saya ketika saya mengalami kesulitan berbicara, saya sangat bersyukur untuk teman dan sekutu yang membantu saya menavigasi penyakit mental.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar